Definisi SIUP

Banyaknya modal yang ditanam dan bermunculannya usaha di berbagai sektor sangat membantu ekonomi masyarakat di berbagai lapisan. Namun, adanya banyak usaha ini bukan berarti tidak menimbulkan risiko dari sisi ekonomi bagi pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Permasalahan seperti usaha liar yang tidak membayar pajak dan tidak memperhatikan standar produksi yang baik sudah banyak menimbulkan kerugian negara, serta kerugian bagi konsumen dan pekerja.

Pemerintah dalam hal ini pun harus bisa memantau dan memfasilitasi semua usaha yang ada dengan baik. Untuk tujuan inilah setiap usaha wajib memiliki SIUP.

SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) merupakan ijin yang harus dimiliki oleh semua perorangan atau badan usaha yang melakukan kegiatan perdagangan, baik usaha kecil, menengah, maupun yang sudah berskala besar. Untuk memudahkan pengusaha dan pemerintah, SIUP dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu SIUP Kecil, SIUP Menengah, SIUP Besar, dan SIUP Mikro. Selain itu, tentunya SIUP memiliki manfaat, tidak hanya bagi pemerintah, melainkan juga bagi si pelaku usaha perdagangan itu sendiri.

Supaya lebih jelas lagi, berikut akan dijabarkan berbagai hal mengenai SIUP, mulai dari jenisnya, manfaatnya, persyaratan, dan cara membuatnya.

Manfaat dan fungsi SIUP

SIUP sebagai alat pemerintah untuk mendata badan usaha perdagangan, juga memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Sebagai perijinan resmi dari pemerintah bagi badan usaha perdagangan

Dengan adanya perijinan resmi dari pemerintah, artinya usaha Anda memiliki perlindungan hukum yang kuat. Sehingga Anda bisa selamat dari penertiban usaha liar atau jika ada kasus hukum yang menyangkut legalitas usaha Anda, Anda sudah punya pegangan legalnya.

  • Syarat utama dalam kegiatan yang menunjang usaha

Jika Anda hendak mengajukan pinjaman modal usaha ke bank, Anda membutuhkan SIUP sebagai salah satu syaratnya. Pun jika Anda hendak mengikuti lelang atau tender, maka SIUP menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

  • Menunjang usaha jika ingin melakukan perdagangan internasional

SIUP merupakan sarana untuk mendukung kegiatan ekspor-impor yang hendak dilakukan oleh badan usaha Anda.

  • Meningkatkan kredibilitas

Jika usaha Anda tidak memiliki izin, maka kredibilitas badan usaha akan diragukan oleh pasar. Anda juga bisa mengikuti pameran yang diadakan oleh instansi pemerintah untuk mempromosikan usaha Anda.

Jenis-jenis SIUP

Dengan mempertimbangkan beragamnya skala usaha yang ada, maka SIUP dibagi berdasarkan besarnya modal dan kekayaan badan usaha.

  • SIUP Mikro

Surat Ijin Usaha Perdagangan untuk badan usaha dengan modal dan kekayaan netto maksimal Rp 50 juta.

  • SIUP Kecil

Surat Ijin Usaha Perdagangan untuk badan usaha dengan modal dan kekayaan netto dari Rp 50 juta hingga maksimal Rp 500 juta.

  • SIUP Menengah

Surat Ijin Usaha Perdagangan untuk badan usaha dengan modal dan kekayaan netto dari Rp 500 juta hingga maksimal Rp 10 milyar.

  • SIUP Besar

Surat Ijin Usaha Perdagangan untuk badan usaha dengan modal dan kekayaan netto lebih dari Rp 10 milyar.

Kategori: Legalitas

%d blogger menyukai ini: